Mekanisme pelaksanaan algoritma

Komputer hanyala salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.

kata "algoritma" dan kata "program" sering kali dipertukarkan dalam penggunaannya. Misalnya ada orang yang berkata seperti ini: "program pengurutan data menggunakan algoritma selection sort". Atau eprtanyaan seperti ini: "bagaimana algoritma dari program menggambar grafik tersebut?". Jika and asudah memahami pengertian algoritma yang dusha disebutkan sebelum ini, anda dapat membedakan arti kata algoritma dan program.

Algorritma adlah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah, sedangkan program adalah realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman. Program ditulis dalam salah satu bahasa pemrograman, dan kegiatan membuat program disebut pemrograman (programming). Orang yang menulis program disebut pemrogram (programmer). Tiap-tiap langkah di dalam program disebut pernyataan atau instruksi, jadi program tersusun atas sederetan instruksi.

Bila suatu instruksi dilaksanakan, maka operasi yang bersesuaian dengan instruksi teresebut dikerjakan oleh komputer. Secara garis besar komputer teresusun atas empat komponen utama yaitu: piranti masukkan piranti keluaran, unit pemroses utama dan mempri. Unti pemroses utama (central processing unit - CPU) adalah otak komputer, yang berfungsi mengerjakanoperasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca dan oeprasi menulis.

Memori adalah komponen yang berfungsi menyimpan atau mengingat-ingat. Yang disimpan di dalam memori adalah program (berisi oeprasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (sesuatu yang diolah oleh operasi-operasi).

Piranti masukan dan keluaran (I/O devices) adalah aalat yang memasukkan data atau program ke dalam memori, dan alat yang digunakan komputer untuk mengkomunikasikan hasil-hasil aktivitasnya. Contoh piranti masukkan antara lain papan kunci (keyboard), pemindai (scanner), tetikus (mouse), joystick dan cakram (disk). Contoh piranti keluaran aalh yang paling dikenal - layar peragaa (monitor), pecetak (printer), perajah (plotter), dan cakram (disk).

Mekanisme kerja keempat komponen di atas dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika program dilaksanakan (execute), setiap instruksi yang telah tersimpan di dalam memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut. Bila suatu oeprasi memerlukan data, data dibaca dari piranti masukkan, disimpan di dalam memori lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya tadi.

Bila proses menghasilkan keluaran atau informasi, keluaran disimpan ke dalam memori, lalu memori menuliskan keluaran tadi ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).
Mekanisme pelaksanaan algoritma Mekanisme pelaksanaan algoritma Reviewed by Unknown on 20.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

My Music

Gambar tema oleh lobaaaato. Diberdayakan oleh Blogger.